Cara Membuat Param Yang Terasa Dingin

Cara Membuat Param Yang Terasa Dingin

Membuat Param Yang Terasa Dingin

(untuk anak-anak)


Cara membuat param yang terasa dingin (untuk anak-anak), sama dengan membuat param untuk orang dewasa, hanya saja bahannya yang agak berlainan, kalau resep untuk orang dewasa banyak memakai ramuan yang terasa panas, umpamanya jahe, menthol kristal, kanfer, kristal dan minyak gondopuro. Tetapi kalau param anak-anak banyak memakai ramuan yang berbau sedap, umpamanya temu giring, klabet, dan sebangsa akar-akaran yang berbau harum dan sedap.

Bahan-bahannya :

1.    Beras   : 1 liter
2.    Kencur: 1 ons
3.    Temu giring: 1 ons
4.    Lempuyang: 1 ons
5.    Kayu manis: 1/2 ons
6.    Cengkih: 20 biji
7.    Klabet ; 20 biji
8.    Akar lara setu: 1 ikat kecil
9.    Kayu angin: 1 ikat kecil
10.  Kayu secang: 1 ikat kecil
11.  Air      :secukupnya


Cara membuatnya :

1. Beras dicuci bersih, direndam selama 12 jam, kemudian disaring dan disiram dengan air bersih supaya baunya menjadi hilang, lalu ditutup dengan daun pisang dan didiamkan kurang lebih 1 jam. Agar berasnya menjadi kesat (tidak berair) dan kalau ditumbuk lunak tetapi tidak menjadi lengket. Kemudian beras tersebut ditumbuk dan diayak dan dibuat tepung.

2. Bahan no. 2, 3 dan 4 dikupas kulitnya, kemudian dicuci yang bersih, terus diiris tipis-tipis dan dijemur sampai kering.

3. Bahan 5 s/d 10 dicuci bersih dan dijemur sampai kering

4. Setelah ramuan b dan c sudah kering, kemudian ditumbuk, diayak hingga didapat tepung.

5. Tepung beras a dan ramuan d, dicampur menjadi satu diremas-remas dengan air hangat hingga menjadi adonan yang pekat seperti bakal kue.

6. Apabila adonan sudah sempurna, diambil sedikit demi sedikit dibuat bulat-bulat seperti kelereng kemudian digepengkan dan langsung dijemur.

Demikian cara membuat param untuk anak-anak yang terasa dingin dan baunya sedap. Cara pemakain param untuk anak-anak adalah ambil satu keping param tersebut campur dengan air panas dan diremas-remas, kemudian digosokkan ke seluruh tubuh.


No comments:

Post a Comment

Contact Us

Name

Email *

Message *

Back To Top